Tragis! Telinga Tuli Akibat Dengar Musik Pakai Earbuds Sampai Terlelap

Ilustrasi earbuds (Pixabay)
09 Maret 2019 23:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, TAIPEI – Seorang mahasiswa Universitas Taiwan tuli akibat tidur sambil memakai earbuds. Seperti diketahui, selama ini penggunaan earbuds semestinya dibatasi. Sejumlah hasil penelitian mengungkap adanya kemungkinan telinga menjadi tuli akibat mendengarkan musik lewat earbuds terlalu lama.

Penggunaan earbuds meroket seiring dengan melesatnya penggunaan smartphone. Kebanyakan orang masa kini terbiasa menghubungkan earbuds ke smartphone untuk mendengarkan musik. Lihat saja, sangat mudah menemui orang mendengarkan musik di berbagai tempat umum menggunakan earbuds yang dihubungkan dengan smartphone.

Namun, penggunaan earbuds sebaiknya dibatasi. Seorang dokter dari Asia University Hospital di Taiwan, Tian Huiji, seperti dilansir Oddity Central, Sabtu (9/3/2019), mengimbau penggunaan earbuds secara aman. Suara yang keluar dari earbuds semestinya diatur agar tidak terlalu keras dan melukai telinga.

Dokter Huiji prihatin dengan nasib mahasiswa Universitas Taiwan yang tuli akibat mendengarkan earbuds sampai terlelap. Mahasiswa tersebut bangun dengan kondisi telinga tuli sebelah. Hal itu terjadi akibat tidur sambil mendengarkan musik dari earbuds.

Salah satu earbuds yang dikenakan mahasiswa itu terlepas saat tertidur. Jadi, dia hanya mengalami gangguan pendengaran di salah satu telinganya. Setelah kejadian itu, dia harus menjalani perawatan medis selama lima hari di rumah sakit.