Video Viral Buaya Dipukuli Secara Brutal Tuai Kecaman

Potongan video penyiksaan buaya yang diduga terjadi di Malaysia. (Facebook/Mat Azman)
10 Maret 2019 22:40 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, SOLO — Sekelompok nelayan yang belum diketahui identitasnya mendadak viral di media sosial setelah terekam kamera sedang memukuli buaya di pantai secara brutal. Peristiwa pada video viral itu diduga terjadi di Miri, Sarawak, Malaysia.

Peristiwa itu viral setelah videonya diunggah pengguna akun Facebook Mat Azman, Jumat (8/3/2019). Berdasarkan video yang beredar, tampak seekor buaya terjerat jaring dan tak mampu bergerak.

Di saat itu pula, ada dua orang diduga nelayan sedang memukuli buaya tersebut secara brutal. Akibatnya, moncong buaya mengeluarkan darah.

Tak pelak aksi beberapa orang pada video viral itu menuai kecaman warganet. Menurut warganet, buaya pada video itu seharusnya diserahkan kepada pihak berwenang, bukan malah dipukuli secara kejam.

"Walaupun dia buaya yang memang semua orang tahu dia hewan ganas tapi tak sampai hati pula tengok dia kena pukul macam itu," tulis pengguna akun Facebook Rose Putih.

"Ini manusia bodoh ke ape. Kejam sangat lah buat buaya ini macam itu," imbuh pengguna akun Facebook Alis Alissa.

Dilaporkan World of Buzz, Jumat (8/3/2019), Dinas Kehutanan Sarawak telah menerima laporan terkait penyiksaan. "Kami telah mengirim tim penegak hukum kami ke Miri untuk memeriksa perincian seperti yang ditunjukkan dalam video. Kami ingin mengidentifikasi lokasi yang tepat sekarang," ungkap Dinas Kehutanan Sarawak.

Selain itu, lanjut Dinas Kehutanan Sarawak, video viral tersebut juga mendapatkan kecaman dari Ketua Masyarakat Alam Malaysia Miri Musa Musbah. "Buaya sudah tertangkap di jaring. Orang-orang ini bisa saja memberi tahu otoritas polisi atau kehutanan atau perikanan untuk menangani buaya. Apa yang mereka lakukan adalah kasus kekejaman dan mereka harus diseret dan dihukum," tandasnya.