Foto Viral Bocah Boncengan 3 Tak Pakai Helm Bikin Prihatin

Foto viral bocah SD berboncengan 3 (Instagram/iks_infokaresidenansolo)
13 Maret 2019 01:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Bocah di bawah umur 17 tahun jelas tidak boleh mengendarai sepeda motor. Apalagi sampai nekat memboncengkan dua orang tanpa memakai helm. Sayangnya, banyak bocah yang nekat melanggar aturan berkendara seperti terlihat dalam foto unggahan akun Instagram @iks_infokaresidenansolo, Senin (11/3/2019).

Foto unggahan @iks_infokaresidenansolo itu memperlihatkan seorang bocah berseragam pramuka naik sepeda motor matik. Dia tampak kesulitan mengendarai sepeda motor yang jauh lebih besar dari badannya. Kakinya pun tak mampu berpijak di tanah.

Meski dengan keterbatasan itu, si bocah lelaki itu dengan santai memboncengkan dua bocah lain. Ketiganya sama-sama tidak memakai helm. Posisi mereka berada di pinggir jalan melawan arus kendaraan yang melintas.

"Kidz jaman now. Nanti kalau ada apa-apa di jalan bagaimana?" tanya @iks_infokaresidenansolo lewat keterangan foto.

Foto tersebut membuat warganet prihatin. Ada yang menyalahkan orang tua. Namun ada pula yang menyalahkan bocah tersebut. Menurut mereka, kejadian semacam itu memang seringkali terjadi dalam kehidupan.

Meski berulang kali diperingatkan, tetap saja ada bocah yang melanggar aturan berkendara di jalan raya. Padahal, pelanggaran itu jelas membahayakan keselamatan mereka.

"Tetanggaku anak-anak SD sudah diizinkan bawa sepeda motor. Mana naiknya ngebut enggak pakai helm juga," komentar @ingeliaransisca prihatin.

"Orang tuanya yang enggak jelas ini. Enggak ada tanggung jawabnya sama sekali. Bocah belum cukup umur kok diajari bawa sepeda motor. Giliran kecelakaan menyalahkan orang lain. Ampuh deh," komentar @aloenakhirani.

"Kalau kecelakaan di jalan, orang tua pasti menyalahkan yang menabrak. Bukan anaknya," imbuh @rafimfr.

"Terkadang ada orang tua berpikir bangga karena anaknya bisa naik motor. Jadi bisa disuruh nganter ke sana-sini sampai enggak berpikir jauh. Bahayanya anakku kalau bisa naik motor di usia belum cukup umur. Sungguh disayangkan dengan orang tua berpikir begitu," lanjut @ninafatmawativvb.