Kisah Misteri Pohon Keramat Gunung Kidul Tegak Kembali Seusai Tumbang

Pohon keramat di Gunung Kidul yang kembali berdiri tegak setelah tumbang (Instagram/yuni_rusmini)
23 Maret 2019 09:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, GUNUNG KIDUL Pohon beringin berdiameter sekitar tiga meter di tepi Kali Tuk Kajar, Desa Karangtengah, Wonosari, Gunung Kidul, DIY, tumbang pada Minggu (17/3/2019). Menariknya, pohon besar yang dianggap keramat itu kembali berdiri kokoh yang membuat warga heboh sekaligus penasaran.

Kejadian unik nan misterius itu terekam dalam video viral unggahan pemilik akun Instagram @yuni_rusmini, Kamis (21/3/2019). Peristiwa itu diketahui saat warga desa bekerja bakti membersihkan batang pohon tua yang tumbang itu. Akibat ukurannya yang besar dibutuhkan banyak orang untuk membersihkannya.

Warga membersihkan cabang dan ranting pohon tua itu secara gotong royong. Namun, seusai istirahat makan siang, mereka dibuat kaget dengan pohon yang hanya tinggal batangnya saja berdiri tegak di tempat semula.

"Subhanallah, pohon keramat berusia ratusan tahun yang tumbang bisa kembali tegak berdiri. Pohon hijau yang berumur ratusan tahun dan berdiameter lebih dari tiga meter mendadak tegak berdiri kembali setelah diketahui roboh. Batang kayu yang sudah membujur ke arah timur perlahan-lahan bisa berdiri seperti sedia kala. Ratusan warga setempat maupun dari wilayah lain kemudian berduyun-duyun ke lokasi pohon yang dipercaya keramat," tulis @yuni_rusmini sebagai keterangan video.

Fenomena unik tersebut mendapat beragam komentar warganet. Ada yang takjub, namun tak sedikit pula yang biasa saja melihat kejadian tersebut. "Enggak ada yang aneh itu. Biasa saja, masih bisa dinalar kok," komentar @a_sudrajhat.

"Lah kan berat akarnya. Kalau rantingnya dipotong ya otomatis on lagi," imbuh @budy.zack_hermawan.