Catat! Kabar Bikin SIM di Solo Tanpa Tes Dipastikan Hoaks

Ilustrasi SIM. (Wikimedia.org)
02 April 2019 20:10 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, SOLO -- Belakangan hari ini, beredar kabar yang menyebut akan ada acara pembuatan surat izin mengemudi (SIM) secara massal di Alun-alun Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), Rabu (3/4/2019). Kabar yang viral lewat Whatsapp tersebut bahkan menyebut pemohon SIM tak harus mengikuti tes dan langsung bisa mendapatkan SIM di acara tersebut.

Menanggapi kabar yang cukup viral itu, pihak Satlantas Polresta Surakata menegaskan agenda tersebut hanyalah kabar bohong alias hoaks. Penegasan itu disampaikan Satlantas Polresta Surakarta melalui akun Instagramnya, @satlantassurakarta, Selasa (2/4/2019), dengan mengunggah tangkapan layar kabar hoaks yang menyebar lewat Whatsapp tersebut.

Berdasarkan tangkapan layar yang diunggah, disebutkan akan ada acara pembuatan SIM di Alun-alun Kota Solo, Rabu (2/4/2019). Pemohon SIM hanya perlu membawa KTP atau Kartu Keluarga. Disebutkan pula pemohon SIM tak perlu mengikuti tes dan langsung melakukan sesi foto untuk mendapatkan SIM.

Satlantas Polresta Surakarta mengimbau masyarakat agar menyebarkan kabar bahwa pembuatan SIM massal tanpa tes itu hanyalah hoaks. "Monggo disebarkan bahwa itu berita bohong ya," tulis pengelola akun Instagram @satlantassurakarta.

Bukan hanya itu, pengelola akun Instagram milik Satlantas Polresta Surakarta tak lupa mencibir penyebar hoaks tersebut. "Buat yang bikin hoax beginian kasian banget ya hidupnya, hidupmu ga asik. dosane akeh sisan," pungkasnya.