Netizen Mengeluh Soal UNBK Matematika untuk SMA Bikin Nangis

Ilustrasi Pendidikan_SMA (Solopos - Whisnupaksa)
02 April 2019 19:40 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Siswa kelas XII mengikuti ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mulai Senin (1/4/2019). Pada hari ini, Selasa (2/4/2019), siswa di jenjang sekolah menengah atas (SMA) menjalani UNBK untuk mata pelajaran Matematika.

Seperti biasa, pelajaran matematika masih dianggap sebagai yang cukup sulit. Sejumlah siswa mengeluhkan sulitnya soal UNBK Matematika melalui media sosial. Mereka menilai soal UNBK Matematika 2019 sangat menguras pikiran dibanding Bahasa Indonesia yang diujikan di hari pertama.

Keluhan tersebut disampaikan lewat kolom komentar di akun Instagram Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), @kemdikbud.ri. Menariknya, komentar tersebut dibalas oleh pengelola akun tersebut dengan memberikan semangat.

"Alhamdulillah dari 40 soal, yang bisa dikerjakan cuma 10. Sisanya dikerjakan dengan sholawatan," tulis @m.amiraziz. "Semoga mendapatkan syafaatnya, amin," balas @kemdikbud.ri.

"Pak, apa-apaan ini soalnya. Sampai teman perempuan saya pada nangis. Bapak tahu kan kalau laki-laki sebagai penyebab perempuan menangis dosanya besar? Coba bapak pikirkan, berapa perempuan yang nangis karena soal matematika bapak," sambung @adelardaffa. "Semoga tangis hari ini bisa menjadi kekuatan di hari esok," jawab @kemdikbud.ri.

"Makasih pak, saya jadi banyak pahala karena istighfar terus tadi," lanjut @testpanel_1. "Alhamdulillah," tulis @kemdikbud menimpali.

Selain itu, masih banyak komentar lucu lain yang membanjiri akun Instagram @kemdikbud.ri akibat soal UNBK matematika yang dianggap terlalu sulit.

"Sudah berapa wanita yang menangis gara-gara soal matematika bapak. Itu dosa hlo, pak. Lama-lama bapak tak pacarin juga," tulis @virnazrnn_.

"Pak, ini UNBK atau ujian hidup?" tanya @riswan_dy.

"Terima kasih ya, pak. Karena soal matematika, saya istighfar 40 kali hari ini," imbuh @mahdaniyah.

Setelah Bahasa Indonesia dan Matematika, para siswa kelas XII bakal mengikuti UNBK Bahasa Inggris. Ujiannya digelar Kamis (4/4/2019) karena Rabu (3/4/2019) merupakan hari libur nasional untuk memperingati Isra Mikraj.