Prihatin Tragedi Audrey, 1 Juta Orang Tanda Tangani Petisi #JusticeForAudrey

Ilustrasi JusticeForAudrey. (Istimewa - Twitter)
09 April 2019 21:10 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, PONTIANAK – Jagat Twitter hari ini, Selasa (9/4/2019), diramaikan cuitan bertagar #JusticeForAudrey. Tagar itu berada di urutan kedua trending topik Twitter Indonesia. Netizen memakai tagar tersebut untuk menyuarakan keadilan bagi siswi SMP di Pontianak, Kalimantan Barat, yang menjadi korban pengeroyokan.

Pemilik akun Twitter @syarifahmelinda menceritakan kisah tragis yang dialami seorang remaja berinisial AY. Siswi berusia 14 tahun itu dikeroyok 12 pelajar dari berbagai SMA di Kota Pontianak. “Nasib kurang beruntung dialami AY, 14. Siswi SMP N 17 Pontianak yang menjadi korban penganiayaan dan pengeroyokan 12 orang pelajar berbagai SMA di Kota Pontianak,” terang @syarifahmelinda yang dibagikan ribuan akun.

Akibat pengeroyokan itu, kini AY menjalani perawatan intensif di rumah sakit. Kasus penganiayaan ini awalnya dilaporkan ke Polsek Pontianak Selatan yang kemudian dilinpahkan ke Polres Pontianak. Kehebohan soal kisah tragis yang dialami AY juga menuai simpati netizen. Mereka bahkan membuat petisi online untuk membela AY. Petisi yang digagas oleh Fachira Anindy itu pun telah didukung 1.115.574 orang hingga Selasa (9/4/2019) pukul 21.00 WIB.

Dikutip dari Detik.com, pengeroyokan ini berawal dari masalah pria. Ketua Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kalimantan Barat, Eka Nurhayati Ishak, mengatakan, ada 12 siswi SMA dari berbagai sekolah di Pontianak yang terlibat dalam pengeroyokan itu. Namun, pelaku utama yang mengeroyok korban berjumlah tiga orang.

Eka Nurhayati menambahkan, korban A memiliki sepupu berinisial P. Mantan pacar P kemudian pacaran dengan D, tapi masih sering berhubungan dengan P sehingga D emosional. Masalah ini berlanjut ke media sosial. “Korban A ini sering nimbrung dan komentar di medsos. Ini ternyata memancing emosi pelaku,” terangnya.