Netizen Usul Calon Ibu Kota Lewat Tagar #YukUsulIbuKotaDimana, Hasilnya Begini

Peta Indonesia (Okezone)
30 April 2019 18:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, SOLO – Rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia ke luar Jakarta yang disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuai tanggapan serius dari sejumlah pihak. Sampai saat ini, pemerintah belum memastikan calon ibu kota baru bagi Indonesia.

Meski demikian, Presiden Jokowi memastikan memilih tempat di luar Pulau Jawa sebagai Ibu Kota Indonesia. Rencana pemindahan Ibu Kota Indonesia menjadi bahan perbincangan di media sosial. Sejumlah netizen mencuitkan tagar #YukUsulIbuKotaDimana yang menjadi salah satu trending Twitter Indonesia, Selasa (30/4/2019).

Netizen menyampaikan usulan tempat baru sebagai Ibu Kota Indonesia lewat tagar tersebut. Sejumlah netizen menilai Kalimantan sebagai tempat yang cocok sebagai ibu kota baru. Namun, sebagian netizen lainnya justru membuat cuitan lucu dengan tagar #YukUsulIbuKotaDimana.

“Asal pindah ibu kota negara kalau enggak ada studi penelitian mengenai kelayakan ibu kota negara ya percuma saja #YukUsulIbuKotaDimana,” komentar @fikfok.

Gapapa ibu kota di Kalimantan. Yang penting ibu kita besanan #YukUsulIbuKotaDimana,” sambung @FaizalFirdaus.

“Kasihan ibu kota di-omongin terus. Keluarganya pada ke mana sih? Terus beliau ini single parent atau gimana? #YukUsulIbuKotaDimana,” imbuh @rizkyuliamri.

“Katanya teman saya, ibu kota lebih kejam dari ibu tiri. Perasaan saya Medan sudah kejam ya kan. Jadi, enggak usah ditambah kekejamannya, #YukUsulIbuKotaDimana,” imbuh @ayumhst.

“Kalau ibu kota dipindah dari Jakarta ke Wakanda, otomatis Indonesia jadi negara maju dong, #YukUsulIbuKotaDimana,” lanjut @justadpeople_.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, saat ini ada tiga daerah calon ibu kota yang sedang dimatangkan oleh pemerintah. Calon ibu kota itu berada di salah satu dari tiga provinsi di Kalimantan, yakni Kalimantan Tengah, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui akun Twitternya yang terverifikasi, @Sutopo_PN. Menurutnya, Kalimantan adalah lokasi paling aman dari gempa.

Presiden Jokowi mengarahkan opsi pemindahan ibu kota Indonesia ke luar Pulau Jawa dengan mempertimbangkan kepadatan penduduk dan daya dukung lingkungan. Hal tersebut diungkapkan dalam rapat terbatas Tindak Lanjut Rencana Pemindahan Ibu Kota di Kantor Presiden.

Presiden Jokowi menjelaskan, jumlah penduduk di Pulau Jawa sudah mencapai 57% dari total populasi di Indonesia, sedangkan jumlah populasi di Pulau Sumatra sekitar 21%, Pulau Sulawesi 7%, Pulau Kalimantan 6%, serta Papua dan Maluku 3%.

Sumber : Bisnis/JIBI