Viral Masjid Seperti Taman Sejuk Di Alam Terbuka, Ternyata Ada di Turki

Masjid Jamik Hamidiye di Yenice, Cannakale, Turki. (Ilmfeed.com)
16 Mei 2019 13:00 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, YENICE — Belakangan ini, warganet dibuat takjub dengan foto viral masjid yang didesain mirip taman terbuka. Masjid itu bahkan menunjukkan suasana sejuk seperti di alam bebas.

Berdasarkan foto yang beredar, alas masjid viral itu tampak mirip rumput. Dinding masijd pun digambari pohon serta air terjun sehingga benar-benar mirip alam terbuka.

Masjid Jamik Hamidiye di Yenice, Cannakale, Turki. (Ilmfeed.com)

Viralnya foto masih tersebut membuat banyak warganet bertanya-tanya tentang lokasinya. Ternyata, masjid dengan konsep alam yang viral tersebut bernama Masjid Jamik Hamidiye di Yenice, Cannakale, Turki.

Dikutip dari Ilmfeed.com, Kamis (16/5/2019), masjid tersebut dibangun pada 1910 saat Turki masih dikuasai Kesultanan Ottoman. Seiring perkembangan waktu, masjid tersebut ditinggalkan dan tak lagi digunakan sebagai tempat ibadah sehingga rusak parah.

Masjid Jamik Hamidiye di Yenice, Cannakale, Turki. (Ilmfeed.com)

Baru pada 2017 lalu warga sekitar ramai mengumpulkan donasi untuk merenovasi masjid tua tersebut. Imam Masjid Jamik Hamidiye, Sefa Ekinci, mengatakan desain mirip alam terbuka itu terinspirasi dari salah satu ayat Alquran.

"Orang-orang yang terlibat dalam proyek [pembangunan masjid] tersebut mengatakan kepada saya bahwa mereka terinspirasi oleh ayat 22 dari Surat Al-Baqarah yang berbunyi '[Allah] yang telah menjadikan bumi sebagai tempat peristirahatan bagimu, dan langit sebagai atapnya, dan menurunkan air [hujan] dari langit dan menghasilkan buah-buah sebagai bekal untukmu. Maka jangan mengatur musuh kepada Allah [dalam ibadah] sementara Anda tahu [bahwa Dia Sendiri memiliki hak untuk disembah]'," ucap Sefa.

Masjid Jamik Hamidiye di Yenice, Cannakale, Turki. (Ilmfeed.com)

Menurut Sefa, orang-orang yang terlibat dalam proyek pembangunan masjid tersebut memang ingin membawa semangat dari ayat 22 Surat Al-Baqarah pada desain masjid.

Kini, masjid yang sempat rusak itu tengah ramai dibicarakan warganet di Indonesia. Sejumlah akun media sosial ramai-ramai mengunggah beberapa foto Masjid Jamik Hamidiye.