Foto Viral Kolam Buaya di Area Kostrad Depok

Kondisi kolam buaya di mini zoo Depok saat Lebaran 2019 (Instagram/depok24jam)
15 Juni 2019 05:00 WIB Chelin Indra Sushmita Viral Share :

Solopos.com, DEPOK – Foto kondisi memprihatinkan mini zoo di kawasan Kolam Renang Tirta Gupti, Cilodong, Depok, Jawa Barat, viral di media sosial. Foto viral itu diunggah pemilik akun Twitter @halocilukba, Minggu (9/6/2019).

Dalam foto viral yang beredar, tampak sejumlah hewan seperti buaya, monyet, serta burung kasuari, di dalam kandang dengan kondisi memprihatinkan. Kandang binatang tersebut kotor dipenuhi sampah. Kondisi tersebut jelas sangat tidak layak huni.

Kolam di kandang buaya terlihat sangat mengenaskan. Airnya hijau pekat dan dipenuhi sampah. Kondisi yang sama juga terlihat di kandang monyet serta burung kasuari.

Lokasi: Kolam Renang Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat. Keadaannya sudah sangat tidak layak dan ini terbuka untuk umum. Apa ada tindakan yang bisa dilakukan? Guys, what should we do about this?” tulis pemilik akun @halocilukba sebagai ketarangan foto yang dibagikan ulang sejumlah pengelola akun Instagram bermuatan informasi seputar Depok seperti @depok24jam.

Kasihan juga buat hewannya. Lingkungan jadi kurang sehat,” komentar @mas_dians.

Lebih baik kembalikan ke alamnya. Kasihan enggak tega lihatnya. Kalau kondisinya seperti ini,” imbuh @trydianto18.

Menanggapi foto viral mini zoo tersebut, Kepala Penerangan Kostrad Kolonel Inf Adhi Giri Ibrahim angkat bicara. Dia membenarkan kondisi mini zoo yang berada di area Markas Divisi Infanteri 1/Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) Cilodong, Depok, Jawa Barat.

Memang sempat kotor karena beberapa hari lalu. Ramai pengunjung sekitar dan banyak yang asal memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” tuturnya seperti dikutip dari Suara.com, Jumat (14/6/2019).

Adhi menambahkan, mini zoo tersebut sangat kotor karena kurangnya pengawasan akibat banyaknya petugas yang cuti karena Lebaran 2019. “Memang kemarin saat libur Lebaran banyak sekali pengunjung yang datang dari daerah sekitar dan kemungkinan pengawasan yang kurang dari petugas. Karena kebetulan sebagian sedang izin cuti. Sehingga banyak pengunjung yang memberi makan tanpa memperhatikan kebersihan,” sambung dia.

Kini, mini zoo tersebut sudah dibersihkan. Kondisi kandang hewan sudah bersih. Adhi menambahkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan balai konservasi untuk kelanjutan pemeliharaan hewan tersebut. Tak lupa, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang memberi masukan lewat media sosial.

“Terima kasih atas masukan yang disampaikan masyarakat melalui media sosial. Kita yakin itu semua didasarkan itikad baik untuk sama-sama menjaga kelestarian alam dan binatang seperti yang dilakukan di sini,” tutup Adhi seperti dilansir Okezone.