Divonis Leukimia, Kisah Bocah Bernama Haihai Ini Menguras Air Mata

Haihai, bocah lucu berusia 2 tahun yang divonis leukimia. (Istimewa - Youtube)
14 Juli 2019 20:10 WIB Jafar Sodiq Assegaf Viral Share :

Solopos.com, BEIJING - Seorang bocah balita berusia 2 tahun dari China bagian utara bernama Haihai didiagnosis terkena kanker darah alias leukemia agresif pada Januari 2018. Kehidupannya sebagai anak kecil yang seharusnya diisi dengan bermain terpaksa direnggut oleh jadwal pengobatan dan perawatan.

Dalam sebuah video yang beredar, Haihai tampak tabah menjalani proses pengobatan. Meskipun usianya masih sangat tergolong kecil, dia sudah mengerti waktu untuk meminum obat. Bahkan ia memasukkan obatnya sendiri ke mulut menggunakan tangan. Meski begitu, tak jarang pula Haihai terlihat mengeluarkan air mata karena harus menahan sakit akibat proses perawatan.

Dilansir Asia One, Minggu (14/7/2019), sejauh ini keluarga Haihai telah menghabiskan dana sebesar 700 ribu yuan atau setara dengan Rp1,4 miliar untuk biaya pengobatan. Belum lagi mereka harus melakukan perjalanan ke ibu kota Beijing untuk berobat sehingga menambah jumlah biaya.

Seakan cobaan tak berhenti sampai di situ, nenek Haihai didiagnosis terkena kanker payudara stadium akhir. Tentunya ia juga membutuhkan pengobatan. Tapi dia memilih untuk mengorbankan perawatannya demi menyelamatkan cucu karena tekanan ekonomi keluarga.

Orangtua Haihai sempat kebingungan mencari cara agar mendapatkan uang untuk pengobatan. Sebab mereka malah mendapatkan penghinaan sewaktu meminjam kepada kerabat dan teman. Akhirnya, orangtua itu memutuskan untuk mengunggah video Haihai ke media sosial Kuaishou. Mereka berharap bisa memeroleh uang dari video tersebut.

Beberapa video menunjukkan kepiawaian Haihai menggunakan sumpit untuk mengonsumsi sejumlah makanan. Mulai dari kue kesukaannya hingga mie dan pancake. Bakatnya terbilang luar biasa untuk ukuran bocah balita. Tapi tak hanya video menggunakan sumpit, orangtuanya juga mengunggah video yang memperlihatkannya tengah disuntik dengan jarum dan minum pil.