Viral Calon Kades Boneka, Misi: Jadi Pelengkap Suami Maju Pilkades

Spanduk kampanye calon kades Jrebeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jatim. (Instagram/lambe_turah)
31 Juli 2019 18:10 WIB Ginanjar Saputra Viral Share :

Solopos.com, SOLO — Pemilihan kepala desa (pilkades) memang bisa dilangsungkan jika terdapat dua calon atau lebih. Jika hanya satu calon yang maju, maka pilkades tak bisa dilangsungkan.

Atas persyaratan itu, banyak calon kades boneka yang bertujuan hanya untuk melengkapi persyaratan. Hal itu terjadi di wilayah Kabupaten Gresik, Jawa Timur (Jatim) dan Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah (Jateng).

Uniknya, dua kades boneka di dua wilayah tersebut secara terang-terangan menyatakan diri hanya sebagai syarat pelengkap suami mereka mencalonkan diri sebagai kades. Kisah unik itu ramai dibicarakan netizen lantaran foto spanduk kampanye dua calon kades tersebut viral di media sosial.

Berdasarkan foto yang beredar di media sosial, salah satunya di akun Instagram @lambe_turah, Rabu (31/7/2019), ada calon kades di Desa Jrebeng, Kecamatan Dukun, Kabupaten Gresik, Jatim bernama Yati.

Secara terang-terangan, ia memiliki misi menyukseskan suaminya, Suja'i, menjadi kades yang sebenarnya bersaing dengannya. "Mendampingi suami [Suja'i] mencalonkan menjadi kepala desa Jebreng agar memenuhi persyaratan proses pilkades dapat dilaksanakan tanggal 31 Juli 2019. Mendukung dan mendoakan suami ketika menjabat sebagai kepala desa dan seterusnya baik dalam susah maupun senang," begitu bunyi misi pada foto spandk yang viral.

Sedangkan calon di Desa Ambalresmi, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen, Jateng bernama Sani Riyanti juga memiliki misi hampir sama. Ia terang-terangan maju sebagai calon kades hanya sebagai pelengkap agar suaminya, Wagino, bisa maju sebagai calon kades.

"Mendampingi suami suami [Wagino] mencalonkan diri sebagai kepala Desa Ambalresmi agar memenuhi persyaratan proses pilkades pada tanggal 25 Juni 2019. Mendukung, mendampingi, dan mendoakan suami [Wagino] ketika menjabat sebagai kepala desa dan seterusnya baik dalam susah maupun senang," bunyi spanduk tersebut.

Kisah unik belum berhenti sampai di situ. Kedua calon kades yang viral itu bahkan memiliki visi yang sama, yakni menjadi istri salehah.

Kisah unik pada foto spanduk calon kades yang viral itu tak pelak memicu kontroversi di antara warganet. Meski bukan sesuatu yang curang, warganet menilai fenomena seperti itu membuat warga bingung dalam menentukan pilihan. "Kalau yang jadi istrinya? Kan bingung dia," tulis pengguna akun Instagram @erkusumaningsih.

"Sama aja milih gak milih tetap dia yang jadi," ungkap pengguna akun Instagram @ayumeliisa.

"Yang kepilih istri. Berarti yang menjalankan tugas suami," imbuh pengguna akun Instagram @maianov.